by

Kisah Laungi Bhuiyan, 30 Tahun Gali Kanal Air Seorang Diri

WATANABEEE – Laungi Bhuiyan, Warga distrik Gaya, Desa Kothilwa, India menjadi viral setelah diketahui menggali saluran air seorang diri selama 30 tahun.

Ia menggali saluran air sepanjang tiga kilometer untuk memanfaatkan air hujan yang turun dari bukit terdekat ke ladang desanya, Kothilawa, di daerah Lahthua di Gaya.

Desa Kothilwa sendiri dikelilingi oleh hutan lebat dan pegunungan dengan mata pencarian penduduk adalah bertani dan beternak.

Bhuiyan mengaku mulai berpikir membuat kanal setelah melihat selama musim hujan, air dari pegunungan yang mengalir ke sungai sangat menggangu aktivitas warga.

“Saya membutuhkan waktu 30 tahun untuk menggali kanal yang mengalirkan air ke kolam di desa,”

“Tidak ada yang membantu saya dalam pembuat saluran air ini. Penduduk desa pergi ke kota untuk mencari nafkah, tapi saya tetap di sini” ujar Bhuiyan.

Saat ini, Kanal yang dibangun oleh Bhuiyan sangat menguntungkan bagi penduduk desa. Hewan hewan ternak menjadi memiliki persediaan air dan sawah sawah dapat dialiri.

Warga pun mulai memuji hasil kerja keras Bhuiyan ini. Ram Vilas Singh misalnya, seorang guru yang tinggal di desa Kothilwa memuji Bhuiyan karena telah membantu penduduk desa dan ladang mereka.

“Banyak orang mendapat manfaat di sini. Orang-orang sekarang mengenalnya karena hasil kerjanya,” tuturnya.

Sumber : https://m.liputan6.com/lifestyle/read/4363032/kisah-lelaki-india-yang-menggali-saluran-air-selama-30-tahun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed