by

Sosok Pelukis Spanduk Pecel Lele yang Legendaris

WATANABEEE – KALAU Anda sering makan di warung pecel lele, pasti sering melihat spanduk lukis yang ada di sana. Isi lukisannya berupa menu masakan yang dijual di warung itu.

Spanduk lukis tersebut terlihat mirip dengan warung pecel lele lainya. Lantas, apakah itu semua merupakan hasil sablon sehingga bentuk dan warnanya serupa?

Ternyata semua gambar atau lukisan itu bukan hasil sablon atau cetakan digital lainnya. Itu adalah hasil lukisan seseorang yang selama ini belum banyak diketahui identitasnya.

Lalu siapa sih sosok pembuat spanduk lukis pecel lele yang legendaris tersebut? Dia adalah Hartono, laki-laki asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang sudah 20 tahun bergelut di dunia warung pecel lele khas Lamongan.

Hartono mengungkapkan bahwa sebelumnya tidak bisa melukis dan hasil karya yang dibuatnya adalah “kecelakaan”.

Awalnya ia berjualan pecel lele hanya untuk membantu saudaranya di Jakarta. Sampai suatu ketika, Hartono akhirnya membuka warung makan pecel lele dan melukis spanduknya dengan tangan sendiri.

Namun ternyata hasilnya tidak disangka, banyak orang yang menyukai lukisan hasil karya Hartono. Sejak itulah pemesanan lukisan untuk spanduk lukis pecel lele terus meningkat.

Pada sekira 14 tahun lalu, akhirnya Hartono memutuskan untuk “gantung wajan” dan fokus berjualan spanduk pecel lele legendaris ini.

Hingga kini, ia selalu melakukan inovasi-inovasi lukisan yang sedang marak di pasaran dan tidak mau menghilangkan ciri khas lukisannya yang menggunakan banyak warna cerah serta menjaga kualitas kain.

“Kuncinya bikin spanduk itu kualitas, bukan kuantitas, karena ini berhubungan dengan bagaimana melayani pelanggan. Sekali pelanggan kecewa, mereka enggak akan balik lagi bertahun-tahun, karena barang ini awet,” kata Hartono.

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/amp/2021/01/19/612/2347203/sering-lihat-spanduk-lukis-di-warung-pecel-lele-ini-sosok-pembuatnya?page=2

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed