by

Charles King, Presiden Dengan Kemenangan Pemilu Tercurang di Dunia

WATANABEEE – Charles King adalah nama yang mengisi catatan sejarah negara liberia dengan membuat rekor menjadi presiden dengan kemenangan tercurang di dunia.

Kemenangan mantan presiden Liberia tersebut menjadi janggal pasalnya jumlah suara masuk lebih banyak dibandingkan jumlah pemilih.

Pada pemilihan presiden tahun 1927, diketahui hanya ada sekitar 15.000 pemilih yang terdaftar sebagai pemilih resmi.

Saat itu King telah menyadari bahwa dia tidak memiliki dukungan yang cukup untuk memenangkan pemilihan secara legal.

Dengan melihat pemungutan suara terakhir, sedikitnya 9.000 orang memilih lawannya, Thomas Faulkner.

Namun secara mengejutkan, setelah penghitungan selesai, King dari Partai True Whig justru menerima total 243.000 suara, nilai yang lebih dari 15 kali lebih besar dari jumlah pemilih terdaftar di seluruh Liberia kala itu.

Karena besarnya kecurangan dalam pemilihan tersebut, pemilihan di Liberia tahun 1927 menerima penghargaan dari Guinness Book of World Records karena menjadi pemilihan paling curang yang pernah dilaporkan dalam sejarah.

Namun, setelah mendapat kekuasaannya Charles King tidak punya banyak waktu untuk menjelaskan perihal kemenangan besarnya itu.

Ia dipaksa keluar dari kantor beberapa tahun kemudian ketika Liga Bangsa-Bangsa menerbitkan laporan yang melibatkan Raja dan partainya dalam penggunaan tenaga kerja budak untuk membangun jalan dan pekerjaan umum.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed