by

Robert Cornelius, Sosok Penemu Foto Selfie Pertama di Dunia

WATANABEEE – Selfie atau memotret diri sendiri sedang ngetren seiring popularitas smartphone. 

Namun tahukah kamu?, foto selfie ternyata sudah ada sejak 1839, yaitu era di mana fotografi pertama kali ditemukan.

Lantas, siapakah yang orang pertama melakukan fenomena foto selfie?

Dia adalah Robert Cornelius, seorang kimiawan sekaligus perintis fotografi asal Amerika Serikat yang menghasilkan gambar dirinya pada 1839.

Saat itu di usia 30 tahun, Cornelius pertama kali mengambil gambar potret dirinya, melakukan foto selfie di dalam toko pengrajin perak milik keluarganya di kota Philadelphia AS.

Hasil foto yang dihasilkan adalah potret di tengah gambar (off-center) dengan tangan disilangkan, gaya potongan rambut miring dan kusut.

Untuk mendapatkan satu potret tersebut, Cornelius harus berdiri diam selama 15 menit setelah tombol kamera di pencet.

Hasil jepretan dari Cornelius itu diketahui sebagai potret fotografi manusia tertua di AS.

Kemudian setelah Cornelius mencetak foto selfie pertamanya itu, ia menuliskan kutipan ‘the first light picture ever taken: 1839’ yang artinya ‘gambar cahaya pertama yang pernah diambil’.

Sejak saat itu, dia menjadi sosok yang terkenal atas karya Daguerrotype sebuah metode atau proses untuk membuat foto yang pertama kali dipublikasikan di dunia.

Kemudian Cornelius mulai mengoperasikan dua studio fotogarfi pertama di AS antara 1841 dan 1843, sebagai cikal bakal mulai berkembangnya popularitas fotografi dan kini menjadi fotografer ketika membuka studio.

Sumber : https://www.google.com/amp/s/techno.okezone.com/amp/2016/03/15/207/1336568/ini-sosok-penemu-foto-selfie-pertama-di-dunia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed