by

Pesona Islam di Kampung Halaman Cristiano Ronaldo

WATANABEEE – Selalu menarik, ketika membahas Islam sebagai minoritas di negara-negara lain. Bagi kita yang hidup di Indonesia dengan umat Muslim yang merupakan penduduk terbanyaknya, bukan barang aneh melihat masjid atau mendengar suara adzan berkumandang.

Masih di Portugal, tepatnya ke Pulau Madeira. Salah satu destinasi wisata di Portugal, dengan hamparan pantai cantik, perbukitan dan suasana yang tenang. Satu lagi, pulau ini begitu spesial bagi para penggemar pesepakbola Cristiano Ronaldo karena disinilah Mega bintang ini dilahirkan.

Pulau Madeira dapat ditempuh dengan naik penerbangan domestik, selama 90 menit dari Kota Lisbon.

Pulau ini terpisah cukup jauh dari daratan Portugal. Beberapa rute kapal pesiar di Eropa, pun pasti banyak yang singgah ke sana.

Pulau Madeira dihuni sekitar 300 ribu orang. dari jumlah itu, ada sekira 700 orang umat Muslim yang tinggal di pulau tersebut.

Mereka kebanyakan adalah para pendatang, dari Pakistan, Kazakhstan, Bangladesh, India dan Arab Saudi.

Umat Muslim di sana membentuk komunitas yang bernama Associacao Islamica De Madeira. Komunitas yang sering mengadakan ibadah bersama dan menjaga silaturahmi antar sesama umat Muslim di Pulau Madeira.

Di tahun 2009, umat Muslim di sana mencatatakan sejarah baru. Seperti tertulis dalam laman berita lokal Mundo Portuges, tepatnya tanggal 22/12/2009 umat Muslim di Pulau Madeira akhirnya memiliki masjid!

Itu artinya, pertama kalinya Pulau Madeira memiliki masjid dan merupakan masjid ke-34 yang ada di Portugal.

Masjid tersebut tak lepas dari perjuangan umat Muslim di Pulau Madeira sendiri dan dibantu oleh komunitas-komunitas Islam di daerah lain di Portugal. Bahkan, pemerintah Pulau Madeira pun turun tangan memberikan bantuan.

Tapi rupanya, masjid yang diberi nama sesuai komunitasnya, Associacao Islamica De Madeira bukan seperti masjid-masjid pada umumnya. Tidak memiliki menara dan kubah besar, pun hiasan-hiasan kaligrafi. Masjid ini ternyata berada di dalam apartemen.

Ya, apartemen kecil setinggi 3 lantai itu berada di Funchal, kota terbesar dan kota utama di Pulau Madeira. Alamat lengkap masjidnya, ada di Santa Amaro III, BLC. 13 Cave, Santo Antonio, Funchal.

Di masjid tersebut terdapat beberapa ruangan, seperti ruangan salat yang luas, ruangan untuk pembelajaran Islam, ruangan serba guna dan lain-lain.

Meski tidak besar, namun sudah cukup memberikan kenyamanan umat Muslim setempat untuk beribadah.

Sumber : Detiknews

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed