by

“Tidak Ada yang Hilang”

 

WATANABEEE – Jangan bersedih apapun yang telah hilang darimu, akan kembali dalam wujud yang lain dan lebih baik.

“Jika Allah mengambil satu nikmat darimu, kemudian engkau bersabar dan ridha, maka Allah akan menggantikan untukmu nikmat lain yang lebih baik dari-Nya” ujar Ustaz Hanan Attaki dalam unggahan detikKultum, (16/4/2021).

Dijelaskan Hanan Attaki, ketika Allah yang Maha Adil mencabut satu nikmat dari kita, baik nikmat zahir maupun batin, bukan berarti Ia mengambil hak kita.

“Allah mencabut nikmat senang kita, sehingga kita mendapat masalah, lalu jatuh bersedih, sehingga kita jadi khawatir, jadi kecewa, jangan berkecil hati. Saat kita kecewa di satu waktu, itu karena Allah ingin mengganti kesenangan kita sebelumnya dengan kesenangan yang lebih besar setelahnya,” ujarnya.

Ustaz Hanan memberi contoh, bagaimana salah satu temannya ketika berkuliah di Mesir diuji lewat penglihatan dengan tidak bisa melihat atau tunanetra. Belakangan ia menyadari, bagaimana Allah mengganti nikmat penglihatan itu dengan nikmat yang lebih baik.

“Saya merasa bahwa sulit sekali untuk menghafal Al-Qur’an, butuh waktu lama. Sedangkan dia, dengan mudah bisa menghafal Al-Qur’an. Tiga bulan, dia khatam Al-Qur’an dengan lancar sekali. Tidak ada satu kata pun yang salah. Dia bisa mengulang hafalan 30 juz, dengan sekali duduk, tidak ada yang salah,” kisah Ustaz Hanan Attaki.

“Kenapa? Karena Allah memberikan dia nikmat kemampuan menghafal Al-Qur’an, memberikan nikmat kemampuan untuk berpikir dengan jernih, cerdas, dan luar biasa. Itu adalah anugrah yang Allah berikan ketika Ia mencabut satu kenikmatan dari kehidupannya,” tambahnya.

Ustaz Hanan Attaki kemudian mengisahkan bagaimana para hafiz Al-Qur’an tunanetra tidak pernah mengeluh dan mencapai keridhaan saat nikmat penglihatannya diambil, serta bagaimana nikmat keseharian kita yang dicabut Allah kemudian diganti dengan nikmat yang lebih berharga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed